15.4.12

Catatan Sukses APPLE INC.


Dimulai pada tahun 1976, dua orang mahasiswa yang dropout dari bangku kuliah yaitu Steve Jobs berusia 21 tahun dan Steve Wozniak berusia 26 tahun. Bisnis keduanya dimulai pada saat Wozniak membuat kotak yang  memungkinkan orang menelpon jarak jauh secara gratis yang kemudian dinamai Apple I.

Jobs dan Wozniak Jobs dan Wozniak pun mempunyai keinginan mendirikan perusahaan sendiri. Dengan modal $1300 dari hasil menjual barang-barang berharga mereka menjadi awal mula berdirinya Apple.Jobs dan Wozniak pun mempunyai keinginan mendirikan perusahaan sendiri. Dengan modal $1300 dari hasil menjual barang-barang berharga mereka menjadi awal mula berdirinya Apple.
Dengan modal yang minim, terpaksa garasi rumah Jobs dijadikan tempat untuk merakit komputer. Ternyata usaha mereka tidak sia-sia, beberapa pesanan berdatangan. Hingga berhasil menjual 200 unit dengan harga $666 per unitnya. Wozniak kemudian membuat Apple II, sementara Jobs merekrut penggemar komputer lokal untuk merakit papan sirkuit dan mendesain software. Jobs juga berkonsultasi dengan Mike Markkula, pensiunan insinyur teknik yang mengelola pemasaran Intel Corporation dan Fairchild Semiconductor. Markkula membeli sepertiga saham perusahaan sebesar $250.000 dan membantu perencanaan bisnis Apple.

Dengan adanya tambahan dana, perusahaan mereka lalu dipindah ke tempat baru di Cupertino. Sejak saat itu Apple terus berkembang dan sekarang telah memiliki 4 divisi besar yaitu Apple USA, Apple Europe, Apple Pacific, dan Apple Products.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar