17.4.12

Kolonel Sanders, pelopor Kentucky Fried Chicken

Kolonel Harland David Sanders, seorang pensiunan angkatan darat Amerika yang  tidak memiliki uang sepeser pun kecuali dari tunjangan hari tuanya, yang semakin menipis. Ia memulai usaha menjual ayam goreng dengan resep andalannya di usia 66 tahun. Begitu kuatnya keyakinan yang dimiliki Kolonel Sanders, meski berbagai rintangan harus ia hadapi. Usaha awalnya menjual ayam goreng dimulai diretoran pertama Kolonel Sanders di Corbin, Kentutcky, USA.

Ia harus mengalami kegagalan dan terpaksa menutup restorannya karena lokasi di sekitar tempat usahanya itu akan dijadikan jalan tol yang menyebabkan ada pengalihan arus lalu lintas sehingga jauh dari lokasi restorannya.

Namun dari uang tunjangan sosialnya sebesar $105 per bulan Kolonel Sanders berkeliling USA menawarkan resep masakannya ke lebih dari 1.000 restoran di setiap negara bagian yang dikunjunginya. Kolonel Sanders selalu berkata "I've got a great chicken recipe, and I think if You use it, it'll increase Your sales. And I'd like to get percentage of that increase."

Setelah dua tahun dari pertama kali ia berkeliling Amerika, dengan mendapatkan 1.009 kali penolakan dan setiap hari harus tidur di kursi belakang mobilnya, akhirnya ada yang menjawab "OK" untuk resep yang ditawarkannya itu. 
Semangat yang luar biasa yang dimiliki seorang Kolonel Sanders menjadikannya pelopor Kentucky Fried Chicken atau KFC yang telah tumbuh menjadi salah satu yang terbesar dalam industri waralaba makanan siap saji di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar