17.4.12

Catatan Sukses Pelopor Pizza Hut

Pizza Hut adalah sebuah chain restaurant (restorant berantai) dan waralaba (franchise) makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Pizza Hut menawarkan pizza dalam berbagai jenis beserta berbagai makanan yang lain yaitu pasta, iga sapi, bread stick, dan garlic bread.

Didirikan pada tahun 1958 oleh kakak beradik Dan dan Frank Carney yang memutuskan untuk membuat gerai pizza lokal di Wichita, Kansas. Tujuan mereka saat itu adalah memperoleh uang guna membayar biaya sekolah mereka.
Dengan meminjam $600 dari ibu mereka, kedua bersaudara ini kemudian mengajak teman mereka John Benrer, untuk menyewa bangunan kecil di pusat kota Wichita.

Mereka menamainya Pizza Hut, karena bangunan yang mereka sewa lebih menyerupai gubuk (hut). Dengan bermodalkan peralatan bekas untuk membuat pizza, Dan, Frank dan John membuka gerainya.

Untuk menarik perhatian pengunjung, mereka membagi-bagi pizza gratis. Tapi usaha mereka tidak berjalan mulus, mereka mengalami kegagalan karena lokasi yang kurang strategis, juga saat penjualan merosot tajam. Hal ini membuat mereka semangat melakukan inovasi pada pizza-pizzanya.

Lima puluh tahun kemudian, jaringan pizza pertama di Amerika ini berkembang sangat pesat. Pizza spesial Pizza Hut dapat ditemukan di waralabanya di seluruh dunia, dan restoran ini terus menjadi tujuan utama bagi pecinta pizza.


Siapa sangka dimulai dari uang $600 hasil pinjaman, sekarang menjadi 34.000 restoran yang tersebar di 100 negara!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar