15.4.12

Catatan Sukses GOOGLE

Dimulai dari ide dua orang pemuda yaitu Larry Page (24) dan Sergey Brin (23) pada tahun 1995. Keduanya ingin membuat mesin pencari yang lebih efektif. Setahun kemudian dari hasil riset keduanya berhasil menciptakan mesin pencari yang dinamai BACKRUB. Kantor mereka dimulai dari garasi seorang teman dan bermodalkan 4 buah komputer. 

Kabar mengenai Backrub ini kemudian menyebar ke seluruh penjuru kampus mereka, Michigan University. Untuk menyempurnakan Backrub, Larry dan Sergey berusaha mencari investor. 

Mereka pun dipertemukan dengan Andy Bechtolsheim yang memberi investasi sebesar $100.000 dengan syarat Backrub diganti nama menjadi Googol. Arti Googol sendiri adalah bilangan satu dengan 100 angka nol dibelakang.

Sayangnya Andy tak sengaja salah ketik di cek yang akan diberikan kepada Larry dan Sergey. Ia menulis cek itu untuk perusahaan Google. Cek tersebut tidak bisa dicairkan karena tidak ada perusahaan yang bernama Google. Larry dan Sergey pun mencari investor lagi untuk membuat perusahaan Google. Akhirnya pada tahun 1998 perusahaan Google didirikan dan mereka pun bisa mencairkan cek yang diberikan oleh Andy.

Kini Google menjadi mesin pencari nomor satu di dunia dengan pegawai yang berjumlah 10 ribu orang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar