17.4.12

Catatan Sukses Pendiri YouTube

YouTube didirikan oleh tiga sahabat karib yakni Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim yang dulunya bersama-sama bekerja di situs pembayaran online PayPal. Website peng-upload video ini lahir dari dalam sebuah garasi pada tanggal 14 Februari 2005. 

Ide cemerlang tiga sekawan ini berawal ketika mereka menghadapi kendala saat meng-upload sebuah video acara makan malam yang mereka hadiri.

Beranjak dari sini akhirnya terciptalah YouTube yang ide awalnya untuk memperbaiki dan mempermudah cara upload video ke dunia maya. Video pertama yang di upload tiga sekawan ini adalah video milik Jawed Karim yang sedang berada di kebun binatang, pada April 2005. Kemudian mereka mulai meng-upload sendiri-video-video mereka. 

Ketiganya melakukan kampanye tetang YouTube ini secara gerilya dari teman ke teman. Mereka akan mengirimkan e-mail ke teman-teman dan berharap teman-teman memberi tahu kepada teman yang lainnya dan begitu seterusnya.

Kendati Karim sudah mendekati beberapa pakar dan media massa untuk mempromosikan YouTube, ternyata tak semudah yang mereka harapkan. Ketika itu belum ada yang tertarik dan YouTube pun nampak stagnan. Hal tersebut membuat trio ini frustasi. Impian kesuksesan yang sudah di depan mata pun buyar. Momen-momen itu tidak dilewatkan untuk direkam oleh Jawed Katim dan di-upload ke website YouTube mereka.

Bulan Mei 2010, Hurley, Chen dan Karim mencoba sebuah trik marketing yang nekat, yaitu dengan mengirimkan iklan yang ditujukan untuk para gadis agar mau membalas email mereka serta meng-upload 10 video di YouTube dan akan dibayar sebesar US$ 100 melalui PayPal. Tak ada balasan sama sekali dari iklan mereka itu, kampanye nekat itu gagal!

Kegagalan membuat trio ini harus melakukan perubahan yang sangat mendasar. Pada Juni 2010, mereka membuat feature seperti Related Videos yang membuat pengguna bisa lebih betah melihat lebih banyak video lagi. Feature share diperbaiki sehingga pengguna lebih mudah memberi tahu temannya tentang video di YouTube melalui e-mail. Feature berikutnya adalah unsur sosial, sehingga pengguna YouTube memungkinkan untuk saling berinteraksi di website tersebut. Selain itu ada lagi feature penting yang dapat berperan lebih menarik banyak pengguna, yaitu feature External Player yang menyediakan kemampuan bagi pengguna YouTube untuk menempatkan video mereka. Strategi ini berhasil dan melejitkan popularitas YouTube.

Beberapa bulan kemudian YouTube semakin banyak menarik perhatian perusahaan besar untuk menjadi investor. Pada November 2005, Sequoia Capital menjadi investor pertama, setahun kemudian Google mengakuisisi YouTube dengan saham senilai US$ 1.65 miliar. Ketiga pendirinya tentu saja mendapat keuntungan yang sangat besar juga. Menurut New York Times di tahun 2007, Chad Hurley memperoleh hasil lebih dari US$ 345 juta, Steven Chen memperoleh US$ 326 juta, dan Jawed Karim yang ketika itu sudah tidak di YouTube memperoleh US$ 64 juta.

Nilai kekayaan tersebut dapat dicapai YouTube dan pemodalnya dalam waktu tidak sampai dua tahun sejak YouTube didirikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar