18.4.12

Jerry Yang dan David Filo, Pendiri Yahoo!

Jerry Yang dan David Filo adalah pendiri Yahoo yang merupakan salah satu portal paling banyak di kunjungi. Ditahun pertamanya saja Yahoo telah dikunjungi 100 ribu pengunjung. Saat ini Yahoo.Inc! telah menjadi salah satu pemimpin komunikasi global lewat internet, dengan pengunjung 232 juta individu setiap bulannya.

Ketika membangun Yahoo, keduanya adalah mahasiswa program S3 yang sedang menyelesaikan disertasinya. Usia mereka belum mencapai 30 tahun. Yahoo berawal  dari hobi mereka ketika mahasiswa yang selalu tertantang untuk menemukan terobosan dalam mempermudah penggunaan internet. Keduanya sama-sama menyukai kegiatan surfing di internet, hingga menghabiskan waktunya berjam-jam berada di depan komputer. Akibatnya, aktivitas belajar mereka terbengkalai.

Pada saat melakukan kegiatan surfing, mereka sering kesulitan mencari sesuatu yang mereka butuhkan di dunia maya ini. Maka pada bulan Februari 1994, mereka mulai rajin mengumpulkan link-link dengan membuat indeks atas situs-situs web favoritnya. Kegiatan ini mereka lakukan di trailer di kampus Stanford University

Akhirnya, list berupa link dari situs yang telah mereka temukan dibaginya menjadi kategori-ketegori. Saat kategori-kategori itu pun tidak memenuhi, dibuat juga sub-subkategori. Itulah awal mula lahirnya konsep dari pembuatan Yahoo!.

Pada saat pertama kali dibuat, situs tersebut dinamai Jerry`s Guide to the World Wide Web, tetapi nama tersebut terlalu panjang kemudian mereka memutuskan untuk menggunakan nama Yahoo, yang merupakan singkatan dari Yet Another Hierarchical Oficious Oracle. Tujuan awal dari pembuatan situs itu adalah sebagai alat untuk mencari sesuatu di internet atau search engine.

Filo dan Yang menggunakan situs yang dibuatnya untuk kepentingan pribadi. Namun, ternyata indeks situs yang mereka susun dapat digunakan oleh orang lain dalam menyusur situs web. Pengunjung situs ini pun makin banyak dan mendapat sambutan luar biasa oleh pengguna Internet. Mengetahui banyak orang yang mengakses Yahoo!, maka dibuatlah database yang teratur dan mengembangkan software mesin pencari untuk menjalankannya.

Karena belum ada modal, Filo dan Yang memanfaatkan komputer-komputer milik universitas untuk kegiatan ini. Data disimpan di komputer Jerry Yang yang mempunyai nickname "Akebono". Sedang mesin pencari ditempatkan di komputer David Filo yang ber-nickname "Konishiki". Kedua nickname tersebut diambil dari nama-nama pegulat terkenal Hawaii pujaan mereka.


Pada musim gugur tahun 1994, situs mereka mulai mendapatkan rekor hit sebanyak 1 juta pengunjung per hari. Kini, Yahoo! telah menjadi perusahaan dunia yang bergerak di bidang komunikasi, komersial, dan media berbasis internet. Setiap bulannya ada 232 juta pengguna Internet di seluruh dunia yang menggunakan jasa pelayanan Yahoo!,
Pada tahun 2011, Kekayaan Filo diperkirakan bernilai $ 1,4 miliar, di peringkat 879 orang-orang terkaya di dunia. Sebagai seorang filantropis, pada tahun 2005 ia menyumbangkan $ 30 juta untuk almamaternya, Tulane University, untuk digunakan dalam School of Engineering.

Dari catatan kisah di atas kita dapat ambil kesimpulan bahwa Jerry Yang dan David Filo merupakan contoh anak muda yang mempunyai hobi positif, lalu mengembangkannya secara serius dan akhirnya membawa mereka dalam deretan orang terkaya di dunia. Jika anak-anak muda secara selektif bisa memilih hobi dan kegiatan yang tepat di saat muda, tidak mustahil mereka akan sukses dengan melakukan hal-hal yang mereka sukai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar