18.4.12

Michael Dell, Pendiri dan CEO Dell Computers

Michel Dell Lahir 23 Februari 1965, di Houston, Texas, AS. Ia adalah salah satu pengusaha sukses asal Amerika, ia juga seorang penulis, yang dikenal sebagai pendiri dan CEO dari Dell, Inc. Pertama kali memulai proyek komputernya saat berusia 15 tahun. Saat itu, karena ingin tahu ia membongkar komputer baru Apple II untuk melihat komponen-komponennya dan mencoba merakitnya kembali.

Dell memulai bisnis komputernya yang bernama PC’s Limited pada tahun 1984 dengan modal awal sebesar $ 1.000, pekerjaan itu dijalankanya part time. Kemudian pada usia 19 tahun ia keluar dari perguruan tinggi untuk menjalankan perusahaan full time, hingga akhirnya go public pada tahun 1988. PC’s Limited berganti nama menjadi Dell Computer Corporation dan kemudian menjadi Dell, Inc. Pada usia ke 24, perusahaannya meraup pendapatan US$ 258 juta.

Kunci utama kesuksesan Dell adalah inovasi. Ia membuat gebrakan yang jauh berbeda dari yang dilakukan perusahaan komputer pada saat itu. Calon pembeli Dell bisa memesan langsung komputer sesuai keinginan mereka melalui telepon atau internet. Mereka bisa memasukkan spesifikasi komputer yang ingin dibeli secara online. Akibatnya Dell tidak perlu menyimpan stok barang atau melakukan investasi yang terlalu besar. Sebenarnya dengan melakukan strategi penjualan itu, Dell telah mengubah kelemahannya menjadi kekuatan.

Pada tahun 1992 Dell menjadi CEO termuda dalam sejarah yang memiliki perusahaan besar dan masuk dalam daftar 500 perusahaan top versi majalah Fortune.

Pada tahun 1999 Dell dan istrinya, Susan, membentuk Michael & Susan Dell Foundation untuk mengelola investasi keluarga Dell. Melalui yayasan, Dell menggunakan sebagian dari kekayaan pribadinya untuk membantu anak-anak di seluruh dunia dengan berfokus pada kesehatan, pendidikan, keamanan, pengembangan generasi muda, dan perawatan anak usia dini, yang pada tahun 2005 memberikan sumbangan lebih dari $ 1 miliar, memberikan jutaan dolar untuk membantu korban tsunami 2004 di Asia selatan. Pada tahun 2006 ia juga menyumbang $ 50 juta kepada University of Texas di Austin.

Saat ini ia berusia 45 tahun, diperkirakan kekayaan terakhirnya sebesar US$ 13,5 miliar. Ia berpesan kepada pengusaha muda yang akan merintis usaha, “Anda harus bergairah dengan usaha itu. Lakukan yang benar-benar anda cintai dan membuat anda bersemangat,” ujarnya ketika diwawancarai dengan Academy of Achievement.

1 komentar:

  1. yuk main agen sabung ayam


    Kami BOLAVITA. PW dari segala Agen Judi Online TERBESAR DAN TERPERCAYA 2018
    1. agenpialadunia2018-blog.logdown.com

    BalasHapus