17.4.12

Henry Ford, Pencipta Mobil Pertama di Amerika

Henry Ford adalah pelopor perakitan mobil massal di dunia, dan pencipta mobil pertama di Amerika. Ide dari pemikiran Henry Ford memberkan kontribusi yang besar dalam industri otomotif. Dibesarkan dari keluarga petani yang hanya lulusan setingkat Sekolah Dasar. Pada usia 12 tahun, Henry Ford mulai memikirkan idenya ketika ia melihat kereta api yang berjalan tanpa kuda.

Ia berpikir untuk menciptakan kendaraan pribadi yang berjalan tanpa kuda. Untuk menggapai mimpinya Ford bekerja di bengkel dan ia selalu melakukan berbagai percobaan. 

Mobil pertama yang berhasil diciptakannya pada usia 29 tahun, yang berjalan dengan tenaga uap bumi. Pada saat itu para ahli mesin mengatakan tidak mungkin, tetapi Ford seorang lulusan SD bisa membuktikan bahwa itu bisa saja.

Ia kemudian membangun bengkel dan perusahaannya sendiri, dan pada tahun 1960, Ford Motor Company yang didirikannya menjadi perusahaan terbesar ke-2 di dunia. Setiap harinya perusahaan tersebut memproduksi 4000 unit mobil dengan jumlah karyawan 500.000 orang yang total gajinya US$3,5 milyar.

Henry Ford membuktikan, bahwa pengetahuan bukanlah dimana kita belajar tapi seberapa kesungguhan kita untuk mencapainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar